Selasa, 08 Maret 2011

Cara Menendang bola

 
Kelihatannya sederhana, ketika kita melihat para pemain bola dengan mudahnya bias menendang bola dengan cukup mudah, namun apabila anda mencobanya ternyata tidak semudah itu.
Untuk bias menendang bola dengan baik ternyata ada rahasianya .
Gunakan sisi dalam kaki (ingat bukan jari kaki ). Dengan menggunakan teknik ini, anda akan dapat mengontrol jarak, arah dan ketinggian bola yang anda tending.
Untuk dapat menendang dengan benar, anda harus berlari kea rah bola dan menjejakkan kaki tumpuan ( jika anda menendang dengan kaki kanan, maka yang dimaksud dengan kaki tumpuan adalah kaki kiri ). Di samping bola.
Kaki yang digunakan untuk menendang harus tetap melakukan tendangan dengan posisi dekat dengan tanah.
Kita lakukan tendangan dengan mengayunkan seluruh bagian kaki, dari pangkal paha, hingga bagian kaki paling bawah, dengan ayunan yang benar.
Banyak yang beranggapan bahwa jika kaki mereka telah menyentuh bola, berarti mereka telah melakukan tendangan dengan benar. Mereka langsung menghentikan gerakan kaki mereka.
Gerakan ini akan menyebabkan tubuh mereka kehilangan keseimbangan.Hasilnya, tendangan mereka buruk sekali.
Jangan lupa anda harus tetap memusatkan pandangan pada bola yang akan ditendang.
Bagaimana jika bola yang akan ditendang sedang bergulir kea rah anda (tidak dalam keadaan diam di atas tanah ) ?.Dalam hal ini, teknik dasarnya sama saja. Perbedaannya hanyalah cara anda menjejakkan kaki tumpuan.
Pada saat bola bergulir kea rah anda, perkirakan seberapa cepat bola tersebut bergerak. Lalu yang harus dilakukan adalah menjejakkan kaki tumpuan di depan bola dengan jarak yang cukup, sehingga pada saat kaki lainnya melakukan tendangan, bola tersebut berada tepat di samping kaki tumpuannya.
Ingat pula jika anda buka seorang kidal, akan sulit bagi anda untuk dapat menendang bola dengan kaki kiri dengan baik, begitu pula sebaliknya. Dengan begitu anda harus sering berlatih melakukan tendangan dengan kaki yang kurang dominan tersebut.
Pada saat menendang, kepala harus diam tak bergerak ( bukan menoleh atau mengangguk ). Jika kita menggerakkan kepala, maka dalam pandangan anda bola tersebut akan terlihat seperti melompat lompat.Hal ini akan mempersulit anda untuk dapat menendang bola dengan benar.
Tidak ada satu pun yang terjadi begitu saja, maka kalau anda ingin sukses bermain bola, maka berlatihlah ,kerja keras untuk meraih sukses.
Diterbitkan di: Februari 09, 2011

0 komentar:

Posting Komentar